Pisang adalah tanaman hortikultura yang cukup penting untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang dapat diolah berbagai macam makanan salah satunya adalah disale alias pisang sale, pisang sale sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional daerah, salah satunya pisang sale khas Aceh banyak dikawasan Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk daerah Aceh.

Pisang sale khas Aceh, proses pembuatannya adalah pisang yang sudah matang di kupas kulitnya lalu dijemur dipanas matahari , setelah itu dilakukan penyaleaan/pengasapan sehingga pisang sale lebih tahan lama, seterusnya dioleskan/dilumuri gula tebu (bukan gula pasir),pisang sale mempunyai aroma dan rasa yang khas. Warnanya kecoklat-coklatan, agak berkilat sedikit membuat kita ingin mencicipinya.

Pisang sale merupakan makanan ringan masyarakat Aceh sejak zaman indatu dulu, yang sudah menjadi buah tangan dari Aceh. Pisang sale bisa langsung dimakan atau digoreng dengan tepung terlebih dahulu.

Menurut para pakar gizi : Pisang lebih tinggi energinya bila dibandingkan dengan apel. Energinya berasal dari karbohidrat , hampir dua kali lipat lebih tinggi. Pisang menyediakan energi lebih lambat dibandingkan dengan gula, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit dan sejenis roti, maka disarankan apabila mau melakukan kegiatan yang banyak mengeluarkan energi konsumsikan pisang sebagai cadangan energi, seperti atlet saat jeda/istirahat mengkonsumsikan pisang. Para pemikir sering timbul rasa ngantuk itu tanda-tanda otak kekurangan energi, sehingga aktivitas secara biologis juga menurun.

Kandungan lemak dalam buah pisang cukup rendah jadi tidak perlu takut mengkonsumsi pisang gemuk. Pisang kaya akan mineral, fosfor, kalsium, kalium, magnasium dan zat besi. Kandungan vitamin sangat tinggi terutama vitamin A, B dan B6.

2 komentar:

Turhamun ZM mengatakan...

Mantap..!!

Unknown mengatakan...

Wah keknya enak ni untuk dicoba
Obat alami terbaru

Posting Komentar